Senin, 04 Januari 2016

Pengertian Trombosit yang Perlu Kamu Ketahui

Pengertian Trombosit yang Perlu Kamu Ketahui,- dapatkan informasi lengkapnya hanya DISINI...

Apa itu Trombosit? 


Pengertian Trombosit yang Perlu Kamu Ketahui
Trombosit adalah salah satu komponen seluler darah dengan sel darah merah dan putih. Trombosit memainkan peran penting dalam pembekuan darah dan pendarahan. Trombosit diproduksi di sumsum tulang mirip dengan sel-sel lain dalam darah. Trombosit berasal dari megakaryocytes yang adalah sel-sel besar yang ditemukan di sumsum tulang. Ini megakariosit fragmen trombosit dilepaskan ke dalam aliran darah. Beredar trombosit membuat sekitar dua-pertiga dari trombosit dilepaskan dari sumsum tulang. Ketiga lainnya biasanya disimpan (diasingkan) di limpa.

Trombosit umumnya memiliki hidup yang pendek dalam darah (7-10 hari), setelah itu akan ditarik dari peredaran. Jumlah trombosit dalam darah yang disebut platelet dan biasanya 150.000 menjadi 400.000 per mikroliter (sepersejuta liter) darah. Trombosit di bawah 150.000 disebut trombositopenia. sementara menghitung di atas 400.000 trombosit disebut trombositosis.

Trombosit memainkan peran penting dalam proses pembekuan darah jika tubuh terluka. Trombosit struktur yang sangat aktif. Masa hidupnya dalam darah adalah 8 hari atau 10 hari. Trombosit mudah rusak jika pembuluh darah dan jika benda keras terpengaruh.

Fungsi trombosit adalah untuk menghentikan pendarahan dalam kasus cedera dengan membekukan darah di sekitar area luka untuk berhenti darah yang mengalir. Jika cedera terjadi, trombosit darah dan mengeluarkan rincian enzim faktor jaringan. Enzim merangsang faktor jaringan protrombin untuk membentuk trombin dengan vitamin K dan Ca ion bantukan Thrombin merangsang fibrinogen plasma darah untuk membentuk fibrin, yang merupakan bentuk benang yang membentuk pita dan dapat menangkap eritrosit di darah untuk darah tidak keluar lagi dan menutup luka.

Trombosit melepaskan berbagai faktor pertumbuhan, termasuk PDGF hormon (PDGF), ampuh taktik agen kemoterapi dan TGF beta, yang merangsang matriks ekstraselular deposisi. Kedua faktor pertumbuhan ini telah terbukti memainkan peran penting dalam perbaikan dan regenerasi jaringan ikat. Faktor pertumbuhan lainnya penyembuhan luka yang dihasilkan oleh trombosit, diantaranya : 
  1. Faktor pertumbuhan fibroblast,
  2. Mirip dengan faktor pertumbuhan insulin 1
  3. Faktor pertumbuhan epidermal yang berasal dari trombosit, dan
  4. Faktor pertumbuhan endotel vaskular
Dengan anda mengetahui apa pengertian dari trombosit itu setidaknya menambah pengetahuan anda dalam masalah kesehatan dan gangguan penyakit sehingga jika suatu saat terjadi masalah anda dapat mengatasinya dengan kepala dingin karena pada sebelumnya anda telah melakukan sejumlah pengecekkan (pencegahan) agar bahaya yang dapat mengancam bisa teratasi dengan baik.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat ya, salah sehat ;) 


Pengertian Trombosit yang Perlu Kamu Ketahui

0 komentar:

Posting Komentar